Tahun 2050, Ekonomi RI tumbuh terbesar ke-4 di dunia


JAKARTA - Komite Ekonomi Nasional (KEN) menyatakan saat ini merupakan era kebangkitan ekonomi Asia. Hal ini juga menjadi kebangkitan ekonomi Indonesia.

Ketua Umum KEN Chairul Tandjung mengatakan setelah mengalami keterpurukan saat revolusi Industri di Prancis, Asia menunjukan kemajuannya secara perlahan.

"Sekarang ini era kebangkitan Asia,  akhir-akhir ini menunjukan adanya kebangkitan Aisa yang menguasai lebih 50 persen pada tahun 2040," kata Chairul saat menghadiri temu akbar alumni tehnik elektro Institut Teknologi Sepuluh November (ITS) di Hotel Sahid Jakarta, Sabtu (20/10/2012). 

Selain itu, Indonesia juga akan mengikuti jejak kebangkitan Asia. Tanpa disadari, tambah Chairul, Indonesia juga pernah masuk dalam masa kejayaan di abad ke-7 saat Sriwijaya dan abad ke-14 saat kerajaan Majapahit.

Menurut Chairul masa depan perekonomian Indonesia akan cerah dan hal ini belum diketahui banyak orang. Indonesia akan tumbuh paling besar diantara seluruh negara besar didunia. Chairul menyebut, data IMF Oktber ini memprediksikan lima tahun ke depan, proyeksi pertumbuhan PDB nominal 15,5 persen. Hal ini membuat ekonomi Indonesia terbesar ke-4 di dunia pada tahun 2050.

"Setelah PDB India 85,97 persen, China 80,02 persen, USA 39,07 persen dan berikutnya Indonesia tumbuh 13,93 pesen," ungkap Chairul. 

Komentar

Postingan Populer