Perbedaan Ilmu ekonomi Pembangunan dan Ilmu Ekonomi Regional


Perbedaan Ilmu Ekonomi Pembangunan dan Ilmu Ekonmi Regional adalah :
1. Ilmu ekonomi pembangunan kurang membicarakan perbedaan/hubungan antar wilayah, sedangkan ilmu ekonomi regional mengutamakan membicarakan perbedaan/hubungan antar wilayah.
2. Objek ekonomi pembangunan, mencakup seluruh wilayah dari suatu negara, sedangkan ekonomi regional hanya bisa membicarakan bagian tertentu saja dari wilayah satu negara.
3. Ekonomi pembangunan membahas hal-hal seperti moneter, fiskal/perpajakan, ekspor-impor, tahp-tahap pertumbuhan dan berbagai kebijakan makro lainnya. Sedangkan ilmo ekonomi regional membahas hal-hal seperti pengaruh pengembangan suatu daerah  terhadap daerah belakangnya atau kota lainnya, arah perpindahan modal dan tenaga kerja serta faktor-faktor penyebabnya, arus barang atau uang dalam suatu wilayah, dan lain sebagainya yang bersifat lokal namun lebih terperinci.
4.     Banyak model analisis ekonomi pembangunan dengansedikit modifikasi yang dapat diterapkan dalam ekonomi regional, sedangkan banyak model analisis di ekonomi regional yang tidak dapt diterapkan pada ekonomi pembangunan.
5.    Ekonomi pembanguna banyak berisikan teori-teori murni dengan ekonomi regional banyak berisikan rumus-rumus aplikasi

Sumber : buku ekonomi regional (Robinson Tarigan)

Komentar

Postingan Populer