Jumat, 07 Desember 2012

Nilai Tukar (Kurs)


Nilai tukar adalah perbandingan harga dari suatu mata uang domestik dibanding  mata uang negara lainnya.(Sukirno,1996:482)
Kurs (foreign exchange rate) adalah jumlah atau harga mata uang domestik dari mata uang negara lain atau mata uang asing.(Salvatore,1994:140).
Jadi, nilai tukar adalah perbandingan antara nilai mata uang suatu negara dengan mata uang negara lain atau mata uang asing lainnya.
Melemahnya nilai tukar mata uang domestik terhadap nilai  mata uang asing disebut depresiasi. Misalnya kemarin untuk membeli $1 kita hanya mengeluarkan uang sebesar Rp 9000, tetapi hari ini untuk membeli $1 kita harus mengeluarkan uang sebesar Rp.11.000. Dengan melemahnya nilai tukar maka harga barang di luar negeri akan semakin mahal sehingga ekspor akan meningkat.  Menguatnya nilai mata uang domestik terhadap mata uang asing disebut apresiasi. Misalnya kemarin untuk membeli $1 kita harus mengeluarkan uang sebesar Rp. 10.000, hari ini untuk membeli $1 kita hanya perlu mengeluarkan uang sebesar Rp. 8.500. Dengan menguatnya nilai mata uang maka harga didalam negeri akan semakin mahal sedangkan harga  di luar negeri akan semakin murah sehingga kecenderungan untuk mengimpor akan semakin besar.

Tidak ada komentar:

Cara Mendapatkan EViews 11 Demo Version

 Oleh: Jul Fahmi Salim Assalmkum wrwb.. Selamat Pagi, Siang, Malam teman-teman sekalian, jika dipostingan sebelumnya sydah ada cara mendapat...