Senin, 22 Juni 2015

Regresi Data Panel : Uji Lagrange Multiplier Test Pada Data Panel (LM Test)

Oleh : Jul Fahmi Salim

Assalamualaikum wr wb...

Selamat Pagiiii...

Jika sebelumnya saya sudah posting cara input data, estimasi model Common, Fixed dan Random Effect, nah sekarang saya mau share bagaimana melakukan uji LM Tes (Breusch - Pagan Random Effect). Uji LM ini digunakan untuk memastikan model mana yang akan di pakai, dasar di lakukan uji ini adalah apabila hasil uji fixed dan random tidak konsisten. Misalnya pada uji chow model yang cocok adalah fixed effect model, namun pada saat di lakukan uji Hausman model yang cocok adalah model random. Sehingga untuk memutuskan model mana yang di pakai maka dilakukanlah yang namanya uji LM ini..

Hipotesis Uji LM

H0 : CommonEffect Model
H1 : Random Effect Model

alpha 5% = (0,05)

 Nah berikut merupakan langkah-langkah uji LM dengan menggunakan *EViews

*saya menggunakan EViews 9 versi demo license karena pada EViews7 yang saya miliki tidak terdapat menu "add-ins". Krena pada menu add-ins ini lah terdapat menu untuk melakukan uji LM test..






  • klik Object ==> New Object
  • Pada type of object nya pilihlah "equation" untuk name for object buat saja nama sesuai keinginan kemudian klik Ok

  • Setelah Equation Estimation keluar maka isilah semua variabel yang di pakai y c x1 x2 



  • klik ok..
  • Setelah jendela output kluar maka pada menu paling atas klik add - ins



  • Klik Breusch Pagan Random Effect LM Test
  • Setelah jendela "Inclusion and Exclusion test", maka beri tanda centang pada "Standard Lagrange Multiplier Test"

  • Kemudian Klik OK

  • Hasil Outputnya sebagai berikut...


Dari hasil output di atas dapat dilihat bahwa nilai Prob. Breusch-Pagan (BP) sebesar 0,0103 (Pada kolom ketiga yaitu "Both"). Nah sesuai hipotesis, jika Prob BP (0,0103) < 0,05 maka H0 ditolak, dengan kata lain model yang cocok adalah Random Effect Model.

NB : Terjadi kesalahan saya dalam memahami uji LM ini, awalnya saya kira memakai kolom 1 (cross-section), berkat masukan dari teman2 yang berkunjung dan hasil bacaan ternyata yg dilihat adalah kolom 3 (Both).. Terima kasih.. :-)

Nah cukup mudah kan untuk melakukan uji LM test.... Selamat mencoba





**Link Untuk mendownload EViews terbari versi demo license (30 days)

(EViews 8) ==>> http://www.eviews.com/EViews8/EViews8Beta/
(EViews 9) ==>> http://register1.eviews.com/demo/

Terimakasih sudah berkunjung... Silahkan berikan masukan untuk memperbaiki tulisan ini...

Artikel Terkait 



29 komentar:

Mo'enk mengatakan...

selamat siang.
saya ingin menanyakan.
apakah benar LM test membandingkan model fixed dengan random?
setau saya ada 3 uji.
-chow untuk membandingkan common dengan fixed
-hausman untuk membandingkan fixed dengan random
-LM untuk membandingkan common dengan random

bagaimana?
terimakasih

Jul Fahmi Salim mengatakan...

mas Mo'enk : terimakasih sudah berkunjung ke blog saya mas.. iya yag mas sebutkan betul merupakan uji, namun LM tes digunakan jika hasil pada kedua uji tidak konsisten, misalnya pada uji pertama terpilih model Fixed, pada saat di tes kedua malah terpilih random, maka untuk menetukanya di pakai uji LM test mas.. Semoga bisa membantu..

Anonim mengatakan...

Selamat Siang,

Begini mas Jul. Saya cuma mau tanya uji LM itu untuk memilih metode apa dengan apa ?
karena menurut Mas Mo'enk (Common vs Random) sedangkan mas Jul (Fixed vs Random)
jadi ada kontradiksi, jadi bagaimana mas Jul ?
terima kasih

Unknown mengatakan...

Assalammualaikum

Selamat siang mas

Saya mau nanya mas hasil uji chow dan hausmen sama menggunakan fixed tetapai hasil estimasinya tidak ada yang signifikan, ada model laen yang bagus hasilnya yaitu common kalo common itu boleh gak mas ya soalnya variabelnya berpengaruh signifikan mas???

Unknown mengatakan...

Assalammualaikum

Selamat siang mas

Saya mau nanya mas hasil uji chow dan hausmen sama menggunakan fixed tetapai hasil estimasinya tidak ada yang signifikan, ada model laen yang bagus hasilnya yaitu common kalo common itu boleh gak mas ya soalnya variabelnya berpengaruh signifikan mas???

Anonim mengatakan...

Selamat siang mas
Saya mau nanya mas, hasil uji chow saya menggunakan fixed(FEM), hasil uji Hausman meggunakan random (REM), dan saya coba pake LM hasilnya menerima H0. Berarti saya menggunakan apa jadinya mas? Sebenarnya uji LM itu untuk Common dan Random atau fixed dan random mas? Masalahnya saya baca di sumber lain bahwa uji Lm untuk menguji common dan random. Mohon penjelasannya mas. terimakasih :)

Unknown mengatakan...

selamat siang mas
saya mau nanya kenapa angka B.pagan yang digunakan itu yang berada disisi cross section nya ? kenapa bukan yang both ? mohon dijawab ya mas saya bingung soalnya, makasih sebelumnya mas selamat siang :)

Mei mengatakan...

Mas mengingatkan Uji Breusch Pagan itu buat ngelihat apakan Model Common atau Random yang lebih baik.
Kalau Uji Chow dan Hausman, keduanya tolak H0, berarti udah pasti model Fixed yg terbaik. Tidak begitu perlu untuk menguji BP ini
CMIIW

Unknown mengatakan...

Mas mau tnya, knpa eviews 8 sya nggak bisa lm test? Ada dialog "procedure can only be run from equation estimated by list" itu maksud nya apa dan solusinya gmna? Pdhal sya udah nurutin langkah2 diatas. Trima kasih

Jul Fahmi Salim mengatakan...

Terima kasih masMoeng , Mei, dan lainnya, mohon maaf masi dangkalnya ilmu saya dan masih kurangnya membaca,sudah saya edit kok,
- Uji LM untuk melihat Common atau random
- Untuk Uji BP nya yang dilihat pada klom terakhir, yaitu "Both"..

jadi terima kasih atas msukannya kawan2 semua..hehehhe

Unknown mengatakan...

Ebook Data Panel EVIEWS 9
Merupakan Tutorial Data Panel Menggunakan EVIEWS 9 Terdiri Data Panel Dan Data Panel Dengan Koefisien Cross Section Yang Dilengkapi Uji Chow, Hausman, LM Dan Asumsi Klasik Regresi Meliputi Multikolinieritas, Heterokedasitisitas, Autokorelasi.
Link Download
goo.gl/xhb133
goo.gl/Y3NIjq

Unknown mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
sbc mengatakan...

Bung Jul Fahmi,
saya sudah tambahkan add-in BPtest
pas saya coba run kok muncul tulisan ini ya:
"Procedure can only be run from Equations estimated by list"

LAILAN SYAFRINA mengatakan...

Mas eviews 8 bsa uji lm gg? Mksh

Unknown mengatakan...

Mas mau nanya kenapa uji chow dan hausman pake pool sedangkan uji LM Pake equation?

Unknown mengatakan...

Coba bapak input data format xl nya di ganti deh pak..saya juga sempat kayak gitu..

Unknown mengatakan...

assalamu'alaikum wr wb, mas jul saya mau tanya, kalau pake pool bisa uji LM ga? ko saya coba hanya uji chow dan hausman saja ya? tolong dibalas ya mas

Unknown mengatakan...

Diganti gmn ya maa mksdnya? mohon bantuannya ya mas

Unknown mengatakan...

Pak.. tapi bagaimana jika saat estimasi fixed effect ternyata keluar "near singular matrix"? Apakah boleh langsng menggunakan uji lm? Krna data yg ada hnya common n random

Ririn Nopiah mengatakan...

Kak.. Saya sudah mengikuti langkah langkah,,, saat pada langkah "add ins" isi jendela add ins nya bedaa.. Tdk ada pilihan breuch itu . Bagaimana kak???

Nandi mengatakan...

Mas, boleh tahu alasan knp angka prob yg dilihat itu both, bukan yg lain?

Agustin mengatakan...

Saya butuh jawabab dari pertanyaan inj juga mas

Nindia Marashinta mengatakan...

selamat siang.
jika setelah install bptest dan muncul breusch pagan tapi ketika diklik ada tulisan "procedure can only be run from equations estimated by list"

nah .. kalo hal itu artinya apa ya dan solusinya bagaimana ?

terimakasih banyak

Anonim mengatakan...

Selamat siang pak, saya sudah melakukan langkah diatas sampai add-ins, setelah saya klik breusch-pagan random effect lm test, muncul : "Produce Can Only be run from equations estimated by list" itu kenapa ya pak? Mohon bantuannya pak ��

Abraham mengatakan...

Mas mau tanya saya pakai e views 10 pas klik add-ins ga ada keterangan pilih Breusch Pagan Random Effect adanya manage add ins, download add ins, manage user object dan download user object

Selfyria DWD mengatakan...

Alhamdulillah setelah browsing sana sini nanya sana sini ketemu solusinya:"))) terima kasih informasinya.. semoga menjadi ladang pahala:D

Selfyria DWD mengatakan...

izin membantu menjawab pertanyaan Mas Abraham, saya juga menggunakan eviews10. Pada menu add-ins silakan klik "download add-ins". Kemudian scroll kebawah sampai ketemu pilihan "BPTest". klik "BPTest", kemudian klik tombol "install". Ikuti alur instalasinya hingga selesai. Kemudian klik close. Selanjutnya Mas Abraham dapat mengikuti langkah-langkah pada tutorial di blog ini. Semoga membantu^^

Ollerus mengatakan...

Sumber bukunya dari mana ini LM testnya? Boleh dong sharing2

istaylin mengatakan...

Hi,
I am from Turkey. I don't know your language. I am writing in English. I couldn't understand your writings but your Eviews program pictures are enough for me to understand Breush-Pagan test.
Thank you so much.
Have nice days.

Cara Mendapatkan EViews 11 Demo Version

 Oleh: Jul Fahmi Salim Assalmkum wrwb.. Selamat Pagi, Siang, Malam teman-teman sekalian, jika dipostingan sebelumnya sydah ada cara mendapat...