Regresi Linear Sederhana Dengan EViews7

Oleh : Jul Fahmi Salim

Assalamualaikum wr.wb
Regresi Linear sederhana dengan eviews 7, ternyata tidak terlalu sulit kok.
Langkah- langkahnya adalah sbb:
  • -     Siapkan data dalam ms. Excell (saya menggunakan data IHSG dan Kurs dari jun2005 – des 2012), seperti gambar dibawah ini

  • -          Buka program eviews Klik file => new => workfile

  • -     Pada workfile structure type, pilih dated-regulary frequency (untuk data times series) dan unstructure/ undated (untuk data panel). Karena data saya dalam bentuk times series, saya memilih dated-regulary frequency

  • -          Pada data specification, frequency masukan jenis data : annual (tahunan), monthly (bulanan), semi anual (semester/6 bulanan),weekly (mingguan), dsb, tergantung jenis data yang kita gunakan, kali in saya memilih monthly karena data yang saya gunakan adalah data bulanan.
  • -          Pada start date masukan awal data yaitu jun2005 dan pada end date masukan akhir data yaitu dec2012, klik ok
  • -          Maka akan muncul workfile: untitled, kemudian pilih File => import => import from file => pilih file yang akan diimport
  • -          Klik saja next => next => next => finish, maka tampilannya akan seperti ini

  • -          Untuk melakukan regeresi sederhana, klik ihsg, kemudian tekan ctrl dan klik inflasi
  • -          Klik kanan, pilih open => open as equation,  seperti berikut

  • -          Kemudian tekan ok, dan outputnya adlah sbb :
dari hasil regresi di atas dapat kita tulis persamaan :
Y = B1 + B2X2
ihsg = 4927,330 - 0,25446kurs

mohon maaf atas segala kekurangan semoga membantu.... :-)

Daftar Pustaka :
Ajija, Shochrul R dkk. 2011. Cara Cerdas Menguasai Eviews. Salemba Empat. Jakarta. 


Komentar

Andy mengatakan…
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
Unknown mengatakan…
Assalamualaikum wr.wb
saya ingin bertanya ke saudara fahmi. data saya memiliki 1 variabel independen dan 3 variabel dependen. apakah saya harus menguji satu persatu (x,y1 ; x,y2 ; x,y3) atau langsung saja digabung (x,y1,y2,y3) ?
Jul Fahmi Salim mengatakan…
Kinan : sebelumya saya ucapka terimakasih sudah berkunjung.. wah, saya belum pernah mencoba untuk meregresikan data dengan variabel dependen lebih dari satu.. kalau boleh saya tahu, penelitiannya tentang apa ya ? dan varibael2 apa saja yang digunakan?
Unknown mengatakan…
data X saya adalah variabel dummy dan untuk ketiga Y saya adalah variabel tentang kinerja keuangan
Jul Fahmi Salim mengatakan…
mbak kinan : mohon maaf sebelumnya mbak, saya belum pernah mencoba pengolahaan data seperti kasus mbak. tapi menurut pendapat pribadi saya, sepertinya dilakukan regresi OLS satu persatu antara varia y1 dan x, y2 dan x, dan y3 dengan x mbak...
Jul Fahmi Salim mengatakan…
mbak kinan : mohon maaf sebelumnya mbak, saya belum pernah mencoba pengolahaan data seperti kasus mbak. tapi menurut pendapat pribadi saya, sepertinya dilakukan regresi OLS satu persatu antara varia y1 dan x, y2 dan x, dan y3 dengan x mbak... mohon maaf jika jawaban saya masih kurang memuaskan mbak....
Unknown mengatakan…
Kalau menggunakan data triwulan bisa gak ya?
Unknown mengatakan…
Ebook Data Panel EVIEWS 9
Merupakan Tutorial Data Panel Menggunakan EVIEWS 9 Terdiri Data Panel Dan Data Panel Dengan Koefisien Cross Section Yang Dilengkapi Uji Chow, Hausman, LM Dan Asumsi Klasik Regresi Meliputi Multikolinieritas, Heterokedasitisitas, Autokorelasi.
Link Download
goo.gl/xhb133
goo.gl/Y3NIjq
Unknown mengatakan…
Dalam hasil output diatas nilai konstanta dan slope nya yg mana ya mas?
Unknown mengatakan…
Dalam hasil output diatas nilai konstanta dan slope nya yg mana ya mas?
OlahDataSemarang mengatakan…
Portable EVIEWS 12 Full Version
Visit
s.id/Eviews12

Postingan Populer