Regresi Linear Berganda dengan eviews7

Regresi Linear Berganda dengan eviews tidak jauh berbeda dari regresi linear sederhana, perbedaannya hanya pada jumlah variabel independen yang lebih dari 1.
Langkah- langkahnya adalah sbb:

  • -        Siapkan data dalam mc. Excell (saya menggunakan data IHSG, Inflasi, Kurs, dan BI Rate dari jun2005 – des 2012), seperti gambar dibawah ini

  • -          Buka program eviews
  • -          Klik file => new => workfile


  • -          Pada workfile structure type, pilih dated-regulary frequency (untuk data times series) dan unstructure/ undated (untuk data panel). Karena data saya dalam bentuk times series, saya memilih dated-regulary frequency
  • -          Pada data specification, frequency masukan jenis data : annual (tahunan), monthly (bulanan), semi anual (semester/6 bulanan),weekly (mingguan), dsb, tergantung jenis data yang kita gunakan, kali in saya memilih monthly karena data yang saya gunakan adalah data bulanan.
  • -          Pada start date masukan awal data yaitu jun2005 dan pada end date masukan akhir data yaitu dec2012, klik ok
  • -          Maka akan muncul workfile: untitled, kemudian pilih File => import => import from file => pilih file yang akan diimport
  • -          Klik saja next => next => next => finish, maka tampilannya akan seperti ini
  • -          Untuk melakukan regeresi sederhana, klik ihsg, kemudian tekan ctrl dan klik inflasi,kurs dan bi rate
  • -          Klik kanan, pilih open => open as equation, gambarnya seperti ini
  • -          Kemudian tekan ok, dan outputnya adalah sbb :





 dari hasil output di atas, dapat ditulis persamaan
IHSG = 12114,99 + 122,0393INF - 0,56944KURS - 641,7033BIR
Mohon maaf atas segala kekurangan, semoga dapat membantu, terimakasih.. :-)
jangan lupa berikan masukannya ya...

Komentar

bootays mengatakan…
Bisa minta data contoh di atas Pak ?
Saya mau coba sendiri.
agungfaizal@gmail.com
FE mengatakan…
pak bisa minta datanya untuk tugas kuliah?
ini alamat email saya
farichaelly@gmail.com
terima kasih pak
Jul Fahmi Salim mengatakan…
Farich :Terimakasih sudah berkunjung... mas/mbak, bole, datanya sduah saya kirim emailnya ya..
silahkan di cek emailnya
Semoga dapat membantu..
LuthfanDP mengatakan…
sangat membantu sekali blognya, kalo boleh, saya mau minta datanya mas
alamat email saya:
luthfan_uchiha@yahoo.co.id

terima kasih :)
Jul Fahmi Salim mengatakan…
Luthfan : oke siip mas, datanya sudah saya kirim, semoga bermanfaat..
Unknown mengatakan…
Mantab. Terimakasih...
Jul Fahmi Salim mengatakan…
Hendra : Terima kAsih Banyak mas sudah berkunjung, semoga bermanfaat...
Authentic Preloved mengatakan…
wah membantu sekali maaas :) kalau boleh saya minta datanya mas, iar lebih tau tahan tahap nya. email : dian.nuramalia1@gmail.com
fallenangels mengatakan…
datanya harus di log n dulu seperti spss gk ?
Unknown mengatakan…
pak bisa minta data yg lain untuk tugas kuliah?
ini alamat email saya
Adityadwin07@gmail.com
terima kasih pak
Unknown mengatakan…
Sore pak. Ini pak saya mau bertanya, saya mau regres tingkat inflasi, jumlah produksi kopi sma kurs sgb v.independentnya, terus v.dpndent volume ekspor.. Masukan data nya gimana ya soalnya satuan nya ada yg beda.(inflasi %)
Andri mengatakan…
mohon bantuannya pak untuk tugas kuliah saya, jika berkenan saya minta datanya Pak.
ini email saya andrisatiawan44@gmail.com
Unknown mengatakan…
bermanfaat sekali pak. saya masih ingin mempelajari lagi tentang ini. jika di perbolehkan saya minta data nya pak buat belajar. terima kasih sebelum nya. email : muhammadbahrain.n@gmail.com
Unknown mengatakan…
Mas Jul, kalau bentuk data nya cross section seperti apa ya tutorial nya? metode nya regresi berganda mas
dony mengatakan…
sangat membantu dan mudah dipahami, mas klo tidak keberatan tolong dikirim datanya karena mau coba latihan
dony mengatakan…
maaf mas email saya doniawan7319@gmail.com
shinta chan :D mengatakan…
sangat membantu sekali, apa bleh kirim k email say untuk tugsa kuliah shintaadeviii@gmail.com terimkasih
MS mengatakan…
blog nya bagus, permisi pak boleh minta datanya untuk tugas kuliah?
email saya megawatisimanjorang@gmail.com, terimakasih
Unknown mengatakan…
Alhamdulillah, mau tanya pak, caranya nyari data PDRB gmn ya pak? Untuk tugas kuliah. Ini email saya salsaazza@gmail.com
Siti Hajar mengatakan…
Selamat malam pak. Saya mau tanya perbedaan antara analisis regresi data panel dan analisis regresi linear sederhana/berganda apa ya? Njar.sitihajar@gmail.com
Unknown mengatakan…
Ebook Data Panel EVIEWS 9
Merupakan Tutorial Data Panel Menggunakan EVIEWS 9 Terdiri Data Panel Dan Data Panel Dengan Koefisien Cross Section Yang Dilengkapi Uji Chow, Hausman, LM Dan Asumsi Klasik Regresi Meliputi Multikolinieritas, Heterokedasitisitas, Autokorelasi.
Link Download
goo.gl/xhb133
goo.gl/Y3NIjq
Unknown mengatakan…
Assalamu'alaikum
Maaf pa kalo boleh saya minta datanya untuk tugas kuliah
asri.ayu1696@gmail.com
cengooh mengatakan…
maaf mas mau nanya, dulu waktu cari data itu dapetnya dimana ya? apakah tersedia di web? kalo iya web mana saja yaa untuk saya bisa mendapatkan data tsb yg palig update? mohon bantuannya mas, soalnya mau buat data skripsi saya, terima kasih.
frahmadhani11@gmail.com
cengooh mengatakan…
maaf mas mau nanya, dulu waktu cari data itu dapetnya dimana ya? apakah tersedia di web? kalo iya web mana saja yaa untuk saya bisa mendapatkan data tsb yg palig update? mohon bantuannya mas, soalnya mau buat data skripsi saya, terima kasih.
frahmadhani11@gmail.com
Dunia Ekspresi mengatakan…
sangat membantu sekali blognya, kalo boleh, saya mau minta datanya mas
alamat email saya:
yuniapujilestari97@gmail.com

terima kasih :)
Unknown mengatakan…
Pak boleh tidak saya mau minta datanya untuk tugas presentasi dikampus..
Irmaeldiyana@gmail.com
Unknown mengatakan…
Terimakasih. Sangat membantu .
Boleh minta datanya untuk tugas di kampus ?
Ini emailnya. olyviasilla@yahoo.com
Unknown mengatakan…
Sore mas. Mau tanya perbedaan analisis regresi linier berganda dan analisis regresi data panel apa ya mas? Mohon konfirmasi nya.. adityas.putriw@gmail.com
Unknown mengatakan…
Assalamu'alaikum
Maaf pak kalo boleh saya minta datanya juga untuk tugas kuliah saya, terima ksih pak .
rozamaylinda3@gmail.com
Olah_Data_Semarang mengatakan…
Tutorial Lengkap Pool Data Panel Dengan EVIEWS
Merupakan Tutorial Regresi Data Panel Model Pool
Dengan Menggunakan EVIEWS Sehingga Disebut Dengan
Tutorial Lengkap Pool Data Panel Dengan EVIEWS
Klik Link Dibawah Ini Untuk Mendapatkan Tutorialnya
https://s.id/Panel

Postingan Populer