Cara Mentransformasi data ke dalam bentuk Log dan Ln dengan Eviews7

Assalamualaikum Wr.Wb...
Kali ini saya berbagi sedikit pengetahuan mengenai cara mentranformasikan data ke logaritma menggunakan EViews7

Berikut langkah-langkahnya 
  • buka program EViews7
  • klik flie > new  workfiles> ok
  • Pada workfile structure type, pilih dated-regulary frequency (untuk data times series) dan unstructure/ undated (untuk data panel). Karena data saya dalam bentuk times series, saya memilih dated-regulary frequency
  • Pada data specification, frequency masukan jenis data : annual (tahunan), monthly (bulanan), semi anual (semester/6 bulanan),weekly (mingguan), dsb, tergantung jenis data yang kita gunakan, kali in saya memilih monthly karena data yang saya gunakan adalah data bulanan.
  • Pada start date masukan awal data yaitu jun2005 dan pada end date masukan akhir data yaitu dec2012 (karena saya menggunakan data bulanan dari jun2005 sd dec2012), klik ok
  • Maka akan muncul workfile: untitled, kemudian pilih File => import => import from file => pilih file yang akan diimport
  • maka akan tampilan seperti ini 



  •  Klik saja next => next => next => finish, maka tampilannya akan seperti ini

  • klik ihsg > klik kanan > open 
tampilan data IHSG yang belum di ubah dalam bentuk Log
  • klik close pada jendela open ihsg tersebut >yes 
  • klik Genr, maka akan tampil seperti dibawah ini. ketik "lihsg = log(ihsg)"  dan klik ok



jendela Genr


  •     maka di dalam workffiles kita akan bertambah 1 lagi yaitu "lihsg".
  •     klik "lishg", klik kanan > open maka tampilannya seperti ini 
    
   

  •     untuk mengubah seluruh variabel yang ada, gunakan cara yang sama. sekarang mari kita bandingkan antara nilai variabel group yang sebelum dan sesudah di ubah ke dalam bentuk logaritma. 

 sebelum di ubah dalam bentuk Log 


Sesudah di ubah dalam bentuk Log

Pentiiiiing...!!!!!!!!!!!

Dan untuk mentransformasikan ke dalam bentuk "Ln", maka perintahnya dengan "Genr" sama hanya saja, jika untuk Log perintahnya adalah "lihsg=log(ihsg)" maka untuk Ln, menjadi "lnhsg=ln(ihsg)"


 Terimakasih, semoga dapat membantu teman-teman sekalian, mohon maaf atas segala kekurangannya :-))
    

Referensi : buku : Schochrul Ajija dkk (2011) Cara Cerdas Menguasai EViews , Salemba Empat. Jakarta
                  data : IHSG, INFLASi, KURS, BI Rate jun2005 - Des 201




Komentar

Anonim mengatakan…
saya tidak bisa me ln kan ke bentuk log natural. kenapa?
Jul Fahmi Salim mengatakan…
Terimakasih sudah berkunjung Mas/Mbak.. untuk solusinya coba di Ln atau di Log di excel mas/mbak..
selain itu kemungkinan data tidak dapat di Ln adalah, terdapatnya data mba/mas yng bernilai (-) negatif...

Semoga dapat membantu mas.
Unknown mengatakan…
mas kalo datanya ada yg minus(negatif) ko susah ya di log nya,bisa tolong dijelaskan knpa ! terima kasih
Jul Fahmi Salim mengatakan…
Mas Prasetyo : setahu saya data dalm bentuk negatif memang tidak bisa di LN maupun di Log mas...

Kalo secara matematisnya saya juga kurang bisa mas, karena saya kurang bisa kalo masalah matemati. mohoon maaf ya mas.
Terimakasih sudah berkunjung mas... :-)
Opay91 mengatakan…
Mas mau nanya dunk.

Kalau di eviews ini, jika data kita tidak normal aoa saja langkah2 yang bisa dilakukan yah?
Setahu saya, kalau pas d SPSS kan kita bisa buang data outlier, etc etc.

Mohon bantuannya ya mas.

Terima Kasih
Jul Fahmi Salim mengatakan…
opayshane : yang sering saya lakukan adalah denga cara melakukan transformasi data tersebut ke dalam bentuk Logaritma atau logaritma natural mbak, selain itu terkadang saya menambahka jumlah data penelitiannya.. Biasanya jika sudah begitu data kembali normal.. Terimakasih sudah berkunjung mas / mbak..
Anonim mengatakan…
makasih info nya
Anonim mengatakan…
berguna banget thx
Anonim mengatakan…
Halo mas saya lagi bikin skripsi dan menggunakan eviews 7. Dan saya bingung saya coba histogram normality test tapi hasilnya nilai Jarque-Bera besar sekali yaitu sekitar 80.00 dan probability 0.0000 saya bingung ini data saya salah atau bagaimana. Saya belum melakukan transformasi data karena saya bingung ini data saya yang salah atau hasil tsb menunjukkan bahwa tidak lolos uji normalitas. Mohon pencerahannya mas.. Terimakasih
Unknown mengatakan…
Mas mau tnya klau ktika kita pke ln di exel ap kita hrus log lgi di eviews? Mhon pncerahanya mas soalnya hasil r-squared saya kcil yaitu 2,83 mnggunakan rumus d(log).
Unknown mengatakan…
pak, misalkan tidak semua data pada evwies tidak dilogaritmakan apa hasil regresinya bermasalah...
Unknown mengatakan…
Mas itu yg di log data dalam bentuk persen atau nggk? Atau semuany ? Terusygfi uji jadinya yang sudah dirubah kedalam bentuk log? Terimakasih
Jul Fahmi Salim mengatakan…
Mohon maaf semuanya, baru bisas di balas komennya...
Anonim : Coba dulu di ransformasi ke dalam bentuk logartma mas / mbak. karena salah satu kegunaan dari transformasi ke dalam betuk logaritma adalah untuk menaikan normalitas data.. semoga bisa membantu.

Aran Pramono : data yang sudah di Log dalam excel tidak perlu lagi di Log dalam eviews mas.. terimakasih semoga berguna
desi : Mbak desi, tidak semua variabel harus di log kok, itu merupakan salah satu cara untuk memperbaiki hasil regresi mbak, jika misal mbak punya variabel Y X1 X2 X3, dan yang di loh misal ya LY Lx1 x2 x3, boleh2 saja mbak, dan model ini biasanya disebut dengan semi log. semoga membantu mbak.

Rina : yang ada di blog saya merupakan hanya contoh mbak, it merupakan cara saja. kenyataannya variabel yang digunakan jika bentuk persentase, tidak di log kan lagi, dan variabel yang memeiliki data yang negatif juga tidak bisa di log mbak, terima kasih semoga bisa membantu
Unknown mengatakan…
Terimakasih mas jul, mas kalau misalkan r-square nya itu kurang dari 50% itu datanya kurang baik atau gimana ya?
Unknown mengatakan…
Ada referensi acuan buku bng julfa soal % tidak d ln lagi, terimakasih
Unknown mengatakan…
bagaimana cara menggunakan anti ln d excel
Unknown mengatakan…
trimakasih sebelumnya
feri mengatakan…
Saya mau nanya data saya ada yg negatif dan di ln kan d axcel tdk bisa solusinya itu gmn y? Trmksh
Anonim mengatakan…
mas mau tanya nih apabila uji normalitas terpenuhi artinya akan tetapi dalam uji park dan uji multikorelasi tidak terpenuhi bagaimana cara mengatasinya, saya olah data menggunakan eviews (data panel)
Jul Fahmi Salim mengatakan…
Rina Mulyani : untuk R Square < 50% itu tidak baik mbak, karena kemampuan vvariabel dalm menjelaskan vvar Y tidak sampai setengahnya pu, sehingga penelitian tersebut kurang bisa diterima hasilnya mbak, dengan kata lain hasil yang dberikan akan bias, apa lagi jika dipakai untuk membuat kebijakan. solusi mungkin perlu dilakukan simulasi seperti transformasi data, atau membuang variabel yang tidak signifikan, serta coba untuk memasukan vvariabel lain yang lebih sesuai atau berhubungan dengan variabel Y nya..

Yousuf : untk acuan saya lupa mas,

Feri Harwati : memang untuk data dalam bentuk negatif tidak bisa di transformasi ke dalam bentuk log atau Ln mbak.
hidupku-matiku mengatakan…
Utk yg negatif biasanya reverse score dulu baru stelah itu ditransformasikan ke ventuk lain.
Anonim mengatakan…
selamat malam pak, saya mau tanya mengapa data saya tidak dapat di transformasi ke dalam bentuk log atau ln di eviews 8. padahal data saya tidak ada yang negatif dan datanya normal. tapi anehnya waktu pertama kali saya analisis dengan data yang sama malah bisa di transformasi log. ini yang bermasalah eviewsnya atau data saya ya pak? terimakasih pak
Unknown mengatakan…
siang mas,

saya mau tanya, tadi saya coba transformasi data saya untuk variabel X2,X3,Y yang tidak normal jadi normal. tapi hasil log nya jadi minus.dan X1 nya tidak saya transformasi. tapi ketika saya test normalitas secara keseluruhan malah hasilnya tidak normal.

mohon bantuan untuk masalah ini ya pak.
terima kasih.
Tasya Lenada Falensia mengatakan…
assalamualaikum, ingin bertanya. kenapa pd saat transformasi 1 variabel dlm bentuk log, ada 1 data yg hilang ya? tetapi untuk variabel lainnya tidak masalah. terimakasih
Unknown mengatakan…
Mas, formula lihsg=log(ihsg) hasilnya kan nilai ln jika dihitung manual. Kalo mau nilai log biasa gimana caranya ya mas? Terima kasih
Tiga April mengatakan…
mas, saya sudah ln data di excel kemudian dimasukkan ke eviews, tp setelah di proc malah keluar kata-kata "near singular matrix" sehingga tidak bisa keluar modelnya.
kemudian saya coba lagi menggunakan data normal dan dimasukkan ke eviews. ketika saya equation dengan tambahan ln atau log hasilnya malah tidak teridentifikasi. itu harus bagaimana ya, mas?
terima kasih
nadiah mengatakan…
Mas, saya menggunakan eviews 9. transfromasi sudah saya lakukan dalam bentuk ln dan log tapi data msh belum menyebar normal karena probability nya msh 0.000 . data observasi saya sudah 140 padahal. Apakah ada alternatif lain? terima kasih
badrud mengatakan…
selamat siang mas julfahmi
mau nanya mas, data saya data panel yang terdiri atas growth GDP dan inflasi quarterly indonesia dan malaysia
dimana ada lima data yang negatif karena pertumbuhannya minus

sdh saya olah dg fixed method hasil R2 negatif, kenapa ya dan jika karena ada lima data yang negatif itu, bagaimana cara mengolahnya atau mengubahnya ke data positif?

terimakasih
Unknown mengatakan…
Ebook Data Panel EVIEWS 9
Merupakan Tutorial Data Panel Menggunakan EVIEWS 9 Terdiri Data Panel Dan Data Panel Dengan Koefisien Cross Section Yang Dilengkapi Uji Chow, Hausman, LM Dan Asumsi Klasik Regresi Meliputi Multikolinieritas, Heterokedasitisitas, Autokorelasi.
Link Download
goo.gl/xhb133
goo.gl/Y3NIjq
Anonim mengatakan…
mas mau tanya klo data yang sudah di difference di eviews. cara memunculkan datanya gman ya ?
soalnya saya menormalkan data dengan uji unit root dan di difference tapi data nya gk muncu. terimakasih
Unknown mengatakan…
mas saya mau nanyak. dalam penelitian saya data yg saya pakai itu 1. jumlah penduduk miskin dalam satuan orang (Y) 2. pertumbuhan ekonomi dalam satuan persen (X1). pendapatan per kapita dalam satuan rupiah (X2) 4.inflasi dalam satuan persen (X3) 5. pengangguran terbuka dalam satuan orang (X4).
rumus yg saya pakai Y= a+b1Lnx1 + b2LnX2 + b3LnX3 + b4LnX4 + e
apakah data itu harus semua harus diubah kedalam bentuk Ln mas? apakah yg sudah satuannya dalam bentuk persen tidak perlu lagi di Ln mas?

tolong mas diberi penjelasannya .
terimakasih
Unknown mengatakan…
Trus mas kalo saya punya data Transaksi Berjalan yg banyak angka negatif memang gak bisa di ln ya? Kalo di ganti jadi positif gmna?
Unknown mengatakan…
Mas mau tanya mas, periode penelitian saya dari tahun 2010 smpai 2016, jumlah variabel ada 5. Nah ada satu variabel dimana ada 20 perusahaan yg tidak terbitkan nilai perusahaan dikarenakan pada tahun 2010, 20 perusahaan belum go public. Jdi apa yg hrus sy lakukan, apakah membuang semua data thun 2010, atau penelitian ttp dilanjutkan dgn membuang hanya 20 perusahaan yg belum go public, atau dengn missing value kemudian transform data. Makasih ya mas sblm nya
Unknown mengatakan…
Mas mau tanya mas, periode penelitian saya dari tahun 2010 smpai 2016, jumlah variabel ada 5. Nah ada satu variabel dimana ada 20 perusahaan yg tidak terbitkan nilai perusahaan dikarenakan pada tahun 2010, 20 perusahaan belum go public. Jdi apa yg hrus sy lakukan, apakah membuang semua data thun 2010, atau penelitian ttp dilanjutkan dgn membuang hanya 20 perusahaan yg belum go public, atau dengn missing value kemudian transform data. Makasih ya mas sblm nya
Ccpuspita mengatakan…
hai data yg bersifat negatif bisa di ln dengan rumus =If(...>0,LN(...),LN(ABS(...))*-1)

Note : (...) Diisi dengan data negatif yg mau di ln

Terimakasih semoga membantu :)
Unknown mengatakan…
Saya sudah mencoba tapi 0,LN itu Mash gak bisa bagaimana ea ?
Firsty Izzata Bella mengatakan…
Data saya pdb, inflasi, nilai tukar, yield sukuk dan outstanding sukuk. Apakah semua variabel hrs di ln kan atau yg mempunyai nominal bedar saja?
Ccpuspita mengatakan…
Data apa yg ga bisa di ln? Data negatif?
Ccpuspita mengatakan…
data yg satuannya persen dan jiwa tidak dapat diubah kedalam bentuk logaritma ataupun logaritma natural
Ccpuspita mengatakan…
Tidak semua variabel harus di ln/log atau bisa di ln/log, aturan penggunaan ln tidak dapat digunakan pada data yg berbentuk satuan persen dan satuan jiwa, inflasi persen jadi tidak dapat di ln, dan penggunaan ln untuk memperkecil data jadi tidak harus semua di ln atau disebut semiln..
Unknown mengatakan…
Mbak cici puspita, ada buku yang menjelaskan tentang transformasi ini =If(...>0,LN(...),LN(ABS(...))*-1), soalnya data saya banyak yang negatif.
Ccpuspita mengatakan…
Maaf mba untuk referensi bukunya saya kurang tau, karena itu hanya yg dikasih tau dosen saya terkait data negatif yg di ln.
Unknown mengatakan…
Maaf kak mau tanya, me LN itu bisa dengan data panel atau tidak? Soalnya saya data panel menocba di ln tidak bisa. Mohon balasannya terimakasih
BENGKEL DATA mengatakan…
Apabila tidak bisa, apakah harus menggunakan cara lain untuk mentransformasi?
Unknown mengatakan…
Mas kalau saya transformasi kan data autokorelasi menggunakan d(x1) atau diferensiasi itu seketika autokorelasinya bagus akan tetapi tbtb data normalitas dan heteronya berubah menjadi tidak normal dan heteronya jadi tidak bagus itu gimana ya solusinya mas. Tapi kalau saya tidak transformasi data autokorelasinya data normalitas dan heteronya bagus. Jadi gimana ya mas solusinya?
Unknown mengatakan…
selamat malam mas.. saya mau nanya, saya kan ada data Dividend payout ratio (yang sebelumnya sudah saya cari dulu), nah bisa tidak data dividend payout ratio tersebut saya Ln-in? karena pada saat saya uji di eviews saat saya hanya memasukkan nilai yang asli perhitungan dividend payout ratio itu data saya tidak berpengaruh namun, saat saya masukkan ke eviews perhitungan dividend payout ratio yang sudah di Ln-in maka data saya menjadi berpengaruh. mohon bantuan dan pencerahannya mas..
Yofi Prima Agustia mengatakan…
Selamat siang mas, saya mau nanya, data suatu variabel itu kira-kira boleh tidak di ln lebih dari satu kali? Terima kasih mas.
Wuriami mengatakan…
Jika muncul “near singular matriks” itu kenapa ya ka?
Unknown mengatakan…
Mba cici puspita ..
Data saya negatif semua lalu saya pake rumus yg mba sarankan di atas ..
Itu hasilnya ada angkanya tp yg saya takutkan hasilnya itu sm dengan hasil LN klu datanya saya sengaja positifkan ..?
Bisa minta sarannya kah mba ..
mentary14 mengatakan…
Kalau saya boleh tanya ..dosen saya itu bertanya dan menyuruh mencari hasil akhir dari pada data yang sudah di LN itu berbentuk dalam satuan apa?
Unknown mengatakan…
Mba cici kalo koefisien determinasinya 0.07 jika di transformasi dalam bentuk log dan ln apakah bisa lebih besar hasilnya
Unknown mengatakan…
mau tanya dong kalo data bentuk bilangan jutaan, solusinya gmana ya ? makasih sebelumnya
Unknown mengatakan…
Mas mau nanya dong kalau dalam 1 variabel ada 2 data harus digimanain dulu ya? Biar bisa di log
Makasih
Nita mengatakan…
Mas tanya dong,kok punya saya bisanya di log ga bisa di LN. Kira kira kenapa yaa
Unknown mengatakan…
Coba cek http://forums.eviews.com/viewtopic.php?t=13306

Hasil log() di eviews = ln
Kalo mau pake log brti @log10()
Yulia mengatakan…
Mau tanya kak, pada saat uji normalitas di eviews hasil nya tidak normal sudah di transform tapi hasil tetap tidak normal ,ada solusi lain gak kak ?
Unknown mengatakan…
Mas mau tanya,sy lagi olah data menggunakan eviews 9,tapi variabel X1 dan X2 nilainya nominal sedangkan X3 dalam bentuk persen,itu bs diolah ya mas ? Atau harus ganti variabel jadi nominal/persen semua?
Graceangelias mengatakan…
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
Ana Kurnia mengatakan…
Izin bertanya..
Bolehkan pada variabel Dependen di lakukan transformasi ln?
Melati mengatakan…
Data saya return saham, otomatis terdapat angka negatif..
Lalu bagaiman kak?
Surya Rahmawati mengatakan…
Pak saya memiliki permasalahan saat ini menyederhanakan data pada variabel neraca perdagangan, dikatakan "log of non positive number-mising data generated".
Bagaimana cara mengatasinya pak ??
Terima kasih
Unknown mengatakan…
Kak mau nanya data indeks bisa di Ln enggak? Dan kalau bisa ada jurnal atau buku rujukanya enggak?
Hasanah mengatakan…
Assalamualaikum kak mau tanya, variabel penelitian saya kan ada Roe,eps,nilai tukar, dan harga saham. Nah untuk roe karena satuannya persen kan ndak usah di log kan. Berarti yang harus di log kan ada 3, eps, nilai tukar dan harga saham. Dimana ketiganya mempunyai satuan Rupiah. Namun permasalahannya untuk eps ini ada beberapa data yang negatif. Pertanyaan saya apakah boleh yang di log kan ini data nilai tukar dan harga saham saja? Karen untuk nilai eps itu tidak terlalu besar seperti nilai tukar dan harga saham. Mohon penjelasannya. Terima kasih
Hasanah mengatakan…
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
Vira Tania mengatakan…
Selamat malam kak, saya izin bertanya ka, saya menggunakan variabel X EVA, MVA, EPS dan Residual Income/ri dan Y nya return, semua data sudah saya log kan varaibel X maupun Y tetapi di uji t dan f data tidak berpengaruh semua, bagaimana ya ka mohon solusi ya ka🙏
ismi mengatakan…
selamat sore kak
izin bertanya, saya menggunakan variabel X, Y , dan Z dimana Y sebagau variabel intervening dan terdapat 2 persamaan pada penelitian saya. akan tetapi setelah melakukan pengujian untuk hasil pengujiannya yg berpengaruh pada uji t hanya 1 hipotesis yaitu pada persamaan 1, sedangkan pada persamaan 2 hasil uji t nya semuanya tidak berpengaruh, dan apabila hasil persamaan 2 tidak ada yang berpengaruh itu untuk analisis pathnya gimana ya kak, mohon solusinya ya kak, terimakasih 🙏
ai mengatakan…
Mas hasil uji f saya tidak signifikan, ada rumus gak si untuk biar uji f nya signifikan?
Anonim mengatakan…
Mau tanya kalo regresi itu satuan nya harus sama apa bisa beda ? Misal pertumbuhan ekonomi persen, jumlah penduduk jiwa, pengangguran dan kemiskinan persen
Anonim mengatakan…
Apakah data yg bernilai 0/Negatif di log tidak menjadi soal?
Anonim mengatakan…
Mas saya mau melogaritma natural variabel, tapi kenapa di eviews muncul kalimat "LN is not defined", itu solusinya gimana ya?
Anonim mengatakan…
Izin bantu jawab bro. Setau saya log/ln itu bisa di excel/eviews kn, nah kalo kita lognya di eviews itu hasilnya sama dengan ln. log=ln di eviews. Makanya ada tulisan kyk gtuh soalnya emng udh ln, kecuali di excel log sm ln bisa
Anonim mengatakan…
Mas kalo sudah persen apakah boleh dilog kn karena ketika tidak dilog hasil tidak signifikan
Anonim mengatakan…
Kalau data di log satuannya jadi apa ya?
Anonim mengatakan…
Malam,
Mau tanya ka, klo satuan jiwa katanya tidak bisa di log, klo seperti itu apa tetap bisa dihitung datanya dgn data lain yg di log atau harus ganti data?
Anonim mengatakan…
maaf mbak cici ijin bertanya, untuk rumus yg mbak spill diatas itu dipake nya di aplikasi eviews apa di excel yaa mbak?
Anonim mengatakan…
Saya mau tanya, data saya ada 3 varibael independen dan 1 dependen.
X1(rasio) x2(ribu) x3(rasio) dan y(rasio)
Nah yg x2 itu datanya bisa di log/ln kan? Terimakasih sebelumnya...

Postingan Populer