Transformasi data Ke Dalam Bentuk Log dan Ln dengan SPSS 20

Oleh : Jul Fahmi Salim

Asslamkum Wr.Wb

Sebelumnya saya sudah share mengenai Transformasi data ke dalam bentuk Log dan Ln menggunakan microsoft Excel, kali ini saya share mengenai Transformasi data Ke Dalam Bentuk Log dan Ln dengan SPSS 20...
cara mentransformasi data ke dalam bentuk Log dan Ln dengan menggunakan SPSS 20
1. Buka spss
2. input data
3. klik menu transform => compute Variable





4. Setelah keluar jendela compute variable, isi seperti berikut



5. Pada Target Variabel, isi dengan nama yang akan muncul di data editor, saya membuat "Log_IHSG"
6. Kemudian pada kotak "Function Group" klik "All" dan pada kotak "Fuction and Special Variables", double klik pada "Log10"


7. Kemudian double klik IHSG




8. Maka, pada Numeric Expression akan menjadi LG10(IHSG), yang artinya, Variabel IHSG akan diubah      ke dalam bentuk logaritma. kemudian klik Ok

9. Coba di cek pada data editor, maka akan bertambah variabel Log_IHSG  berikut



untuk variabel lainnya seperti Kurs, inflasi dan BI rate, lakukan hal yang sama
untuk kurs => Pada Target Variabel, isi  dengan "Log_kurs"
                      pada numeric expression "LG10(kurs)"

untuk Inflasi => Pada Target Variabel, isi  dengan "Log_Inflasi"
                      pada numeric expression "LG10(Inflasi)"

untuk BIR => Pada Target Variabel, isi  dengan "Log_BIR"
                      pada numeric expression "LG10(BI_Rate)"


Sedangkan untuk transformasi dalam bentuk Ln, caranya hampir sama, hanya berbeda pada "Function and special variables". jika untuk Log kita menggunakan "LG10", maka untuk Ln kita menggunakan Function and special variables "Ln"



- Pada Target Variabel, isi dengan nama yang akan muncul di data editor, saya membuat "Ln_IHSG"
- Kemudian pada kotak "Function Group" klik "All" dan pada kotak "Fuction and Special Variables", double    klik pada "Ln"
- double klik pada variabel IHSG (bisa juga, klik sekali dan klik tanda panah yang terdapat di samping IHSG tersebut (yang tandai lingkaran merah)), maka hasilnya seperti gambar dibawah ini.





- Hasilnya adalah bertambahnya variabel lagi di samping kolom Log_IHSG, yaitu Ln_IHSG,seperti gambar      berikut: 




untuk kurs => Pada Target Variabel, isi  dengan "Ln_kurs"
                      pada numeric expression "Ln(kurs)"

untuk Inflasi => Pada Target Variabel, isi  dengan "Ln_Inflasi"
                      pada numeric expression "Ln(Inflasi)"

untuk BIR => Pada Target Variabel, isi  dengan "Ln_BIR"
                      pada numeric expression "Ln(BI_Rate)"


Untuk Melihat videonya, silahkan klik disini

Silahkan Berikan masukan untuk menjadikan postingan ini lebih baik...
Terimakasih sudah berkunjung :-)

Komentar

Anonim mengatakan…
bisa dijelaskan, spesifikasi penggunaan LN, LN10 dll untuk data yang bagaimana?
kapan kita mentransformasi data dengan LN, LN 10 atw yang lainnya...
trimakasih
rama dinata mengatakan…
makasi banyak mas atas postingnya,
Jul Fahmi Salim mengatakan…
Ramadhoan : Terimakasih kembali bg sudah berkunjung, semoga bisa bermanfaat, mohon berikan masukan untuk meperbaiki tulisan ini bg...
Rizal A. Maulana mengatakan…
Selamat sore. Perkenalkan saya Rizal dari Madiun.. artikel anda sangat menarik...
ada yang ingin saya tanyakan, jika kita sudah mentransform data dg Ln, apakah diperbolehkan mentransform lagi data hasil dari Ln (misal LnY) itu dengan akar kuadrat atau yang lainnya supaya uji asumsi klasik terpenuhi ?
mohon tanggapannya.. terima kasih
Jul Fahmi Salim mengatakan…
Rizal : Terimkasih sudah berkunjung mas, wah klo untuk saya masih kurang mengerti mas. tapi jika dalam bentuk first difference saya rasa bisa mas. kalau untuk akar kuadrat saya belum tau dan belum pernah coba mas..
Unknown mengatakan…
Mas saya mau nanya, setelah semua proses di atas selesai, lalu selanjutnya langkah apa yang harus saya lakukan? di analisis lagi atau bagaimana? mohon penjelasannyaa. terimakasih
Jul Fahmi Salim mengatakan…
Asslamkm..
Mbak Nahdia, itu merupakan hanya alternatif untuk mentransformasi data ke dalam bentuk LN mbak, untuk selajutnya digunakan sesuai dengan keutuhan, misalnya melakukan regresi linear berganda mbak..

terima Kasih, semoga bisa membantu mbak..
Unknown mengatakan…
Assalamu'alaikum mas
Terimakasih ilmux brmanfaat, smga sllu mndptkn kebaikan.
Ada yg mw saya tanyakan mas,misalx variabel X1 ada 10 perusahaan selama 3thun berturut.. artix kan untuk X1 ada 30 data bgtu jg dgn X2 n Y, yg sya mw tanyakan urutan cara memasukkan datax bgaimana ya
Apa untuk variabel X input datax urutkn dri perusahaan 1 selama 3thun lalu lanjut kebawahx lg perusahaan ke2 bgtu sterusx?
Terimakasih sblumx
Rizal A. Maulana mengatakan…
Saya bantu jawab ya untuk mbk Nita Wahyuni
Untuk urutan datanya umumnya perusahaan 1- 10 tahun ke 1, dilanjut lagi 1-10 tahun ke 2, dst.
Saya bilang umumnya karena juga ada seperti yang mbk bilang tadi, perusahaan 1 selama 3th, dst. semoga membantu.
Unknown mengatakan…
Assalamu'alaikum mas
Terimakasih ilmux brmanfaat, smga sllu mndptkn kebaikan.
Ada yg mw saya tanyakan mas,misalx variabel X1 ada 10 perusahaan selama 3thun berturut.. artix kan untuk X1 ada 30 data bgtu jg dgn X2 n Y, yg sya mw tanyakan urutan cara memasukkan datax bgaimana ya
Apa untuk variabel X input datax urutkn dri perusahaan 1 selama 3thun lalu lanjut kebawahx lg perusahaan ke2 bgtu sterusx?
Terimakasih sblumx
Anonim mengatakan…
Terima kasih banyak mas atas infonya. Sangat bermanfaat sekali
Jul Fahmi Salim mengatakan…
Mbak Nita : Betul seperti yang dikatakan mas Rizal, susuannnya seperti itu mbak. maaf telat respon mbak karena lagi sibuk kuliah ni.heheh
Mas Rizal : Terimakasih Mas sudah di bantu penjelasannya, salam kenal mas..
mas fatahillah : Sama - sama mas, semoga bermanfaat dan jika ada yang kurang sesuai harap aklum dan berikan masukan mas, karena disini sama-sama kita belajar mas...
maliekrezh mengatakan…
mas mau nanya.. jika awalnya N 105 sampel tapi setelah di log berubah menjadi 51. apakah ada masalah mas?
Jul Fahmi Salim mengatakan…
Maliekrezh : wah kok datanya bisa berkurang begitu ya mas, sepertinya ada kesalahan dalam langkah-langkahnya mas. coba diulangi langkah2nya dari awal lagi mas..
iin mengatakan…
mas mau nanya kapan digunakan log kapan digunakan ln?
putriani mengatakan…
mas mau tanya data saya data sekunder yang nilainya ratusan juta (X1 & X2) tapi nilai dari variabel Y saya hanya satuan dan mungkin itu yang menyebabkan data saya tidak terdistribusi normal. lalu bagaimana caranya agar bisa normal?
mohon bantuannya. terima kasih ^^
Anonim mengatakan…
Maaf mbak nita klo boleh saya kasih saran mbak coba pake data panel, sebab pengaruh dari X mbak pada 3 objek, dan untuk data 3 tahun cara biasa'y untuk meregresi di jadikan dara perbulan saja karna mininal untuk di regresi membutuhkan rentan waktu 10 tahun jika dalam tahun... Makasih mbak maaf klo saya salah, ini berdasarkan pengalaman saya saja mbak
Unknown mengatakan…
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
Unknown mengatakan…
Mas mau tanya, data saya kn sudah saya Ln kan tapi disruh pakai anti Ln, cara anti Ln kan dalam spss bagaimana ???
Terima kasih sebelumnya mas ...
Mohon bantuannya
Unknown mengatakan…
Mas, saya mau tanya. Data variabel penelitian saya ada yg berbentuk rupiah dan persen. Apakah data tersebut harus di log kan apa tidak? Terima kasih
Unknown mengatakan…
Terimakasih.. sangat bermanfaat ka .. :)
Unknown mengatakan…
Mas, maaf saya mau bertanya
variabel saya ada kena excluded variable
bagaimana kak biar variabel tersebut masih bisa regresikan sehingga gak muncul di tabel excluded variable lagi?
terima kasih mas
Unknown mengatakan…
Maaf mw bertanya,,,,data saya setelah melakukan LN ada data yg jdi Kosong,
Kira kira cara apalgi yg bisa dilakukan untuk memperbaiki data yang sakit selain melakukan LN
Mohon bantuannya,, Data skripsi saya sedng bermasalah
Unknown mengatakan…
Maaf mw bertanya,,,,data saya setelah melakukan LN ada data yg jdi Kosong,
Kira kira cara apalgi yg bisa dilakukan untuk memperbaiki data yang sakit selain melakukan LN
Mohon bantuannya,, Data skripsi saya sedng bermasalah
Unknown mengatakan…
saya mau tanya kalo sudah di ln atau log kan, lalu saya kan mau ngeforecast data , nah data yg digunakan yg data asli apa data yg sudah di ln atau log.kan td ?
Anonim mengatakan…
mas mau tanya. saya kan pakai data laporan keuangan, variabel saya 3 , Y data dalam jutaan rupiah, X1 dalam jutaan rupiah dan X2 dlam ratio, saya transform dengan LN hanya pada vaiabel Y dan X1, apakah X2 dalam bentuk raio kita transform juga ke dlam LN ? terimaksih mas
Unknown mengatakan…
Nice infooo.. hehe ka mau tanya kalau pake regresi linier berganda trs tiap variabelnya beda, ada yg dalam rupiah, ada yang angka satuan, itu hrs diapakan yaa? Trimakasii..
Unknown mengatakan…
Nice infooo.. hehe ka mau tanya kalau pake regresi linier berganda trs tiap variabelnya beda, ada yg dalam rupiah, ada yang angka satuan, itu hrs diapakan yaa? Trimakasii..
Unknown mengatakan…
mau nanya kalo buat hasil variabel yang minus di LN hasil nya minus apa plus ? makasih.
Rainblow blog mengatakan…
Data mas minus itu..makanya kalo data minus misalkan dia dlm bntuk desimal 0.XX pake transformasi log(n+1) kalo tdk bgitu akan hilang krna emg kaga bs di ln/log kan
Unknown mengatakan…
Mas sya mau nanya.sya pakai 5 variabel x. Dan 1 y. Seandainya dari semua variabel tersebut tidak di Ln semua, dan hanya 1 variabel saja yg sya Ln kan ?
Apakah bolehh sperti itu, dan apa tidak menyalahi aturan ?. Sebtulnya ln itu wajib tidak mas
Unknown mengatakan…
setelah kita sdh transformasi data tersebut, acuan kesimpulan dalam mengeksekusi data tersebut gimana langkah selanjutnya? apa output yg di dapat dari situ? misalnya table ap? mohon arahannya. makasih
Unknown mengatakan…
mas, saya mau tanya. saya sudah mengikuti langkahlangkah nya transform data ke log10. tetapi kenapa tidak bisa di klik "ok" ya ? terimakasih
Unknown mengatakan…
Mas mau nanya klw log(n+1) yg dilog kan variabel yg negatif saja atau semua nya
Unknown mengatakan…
Kak kalau udah ditransformasi, terus langkah perintah uji normalitasnya gimana?
AHLI SUMUR JOGJA mengatakan…
Hallo Kak, aku Ike.. mau nanya Kak, bedanya Log, Ln, dan Lag apa ? terus, kapan kita harus menggunakan Log, kapan kita harus menggunakan Ln, dan kapan harus menggunakan Lag ?
mohon kesediaannya untuk dapat memberikan penjelasan, Kak.. hehee...
Thank's before, Kak... :)
Yuliana Uli mengatakan…
kak mau saya uli, mau tanya nih kak. kalo dalam uji asumsi klasik yang tidak lulus itu hanya multikolinearitas,, lalu saya transformasi data dengan Ln, hasilnya jadi lulus, nah untuk uji ke regresi linear berganda saya harus gunakan data yang udah di Ln atau data aslinya yah kak? soalnya kalo pakai data asli nggak bermasalah hasilnya kak, hanya uji multikolinearitas nya saja yang tidak lulus. jadi bagaiman itu kak ya?
nightcomer mengatakan…
makasih banyak admin.. bermanfaat sekali, ajrakallah fii maa a'thoita

Anonim mengatakan…
Kalau sudah di transformasi tapi data belum normal. Bagaimana langkah selanjutnya??
Mohon bantuannya
Unknown mengatakan…
Coba di outlayer mas
Unknown mengatakan…
Bentuk satuan first diffrence itu persen atau apa ya? Teknik first difference melakukan eviews 8 data panel.

Unknown mengatakan…
Ngeregresnya pakai data yang sudah di lon.
idhanoii mengatakan…
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
Margaretta ED mengatakan…
Maaf saya mau tanya, ketika data sudah di transform dalam bentuk Ln ada beberapa data yang hasilnya menjadi minus bahkan ada beberapa yang hialng, alasannya mengapa ya?
Anonim mengatakan…
Kalau di log itu variabelnya semuanya ada tulisan lognya? Gpp ta gitu?
SmartPLS3 mengatakan…
Olah Data SPSS, AMOS, LISREL
EVIEWS, SMARTPLS, GRETL, STATA, MINITAB dan DEAP 2.1
WhatsApp : +6285227746673
IG : @olahdatasemarang
Vina Pelita Putri mengatakan…
Thanks a lot for your information..this very useful
Diah mengatakan…
Maaf min mau tanya, ketika data di transform Ln berubah jd negatif semua,mohon penjelasannya
Almi Yansari mengatakan…
maaf min mau tanya, kenapa hasil uji glejser yg saya lakukan keluar excluded variabel? apa penyebabnya dan bagaimana cara mengatasinya
Unknown mengatakan…
Bentuk model hasil transformasi log10 seperti apa yaa admin ?? Sumber.. Terimakasih
Unknown mengatakan…
Selamat malam mas. Boleh saya minta contak person nya
Terimakasih
Unknown mengatakan…
Mas boleh saya mnta contak person nya
Olgafia mengatakan…
Halo mas saya mau tanya misalkan x1, x2 dan x3 merupakan angka rasio (contoh 28,39) lalu Y merupakan angka rupiah (contoh 758.900.000) apakah boleh hanya melakukan LN pada variabel Y nya saja? Terimakasih
jelajah tugas ekonomiku mengatakan…
Assalamualaikum mas,
Bisa dijelaskan secara spesifik kpn mesti digunakan log n dan log 10. Apa yg membedakan kedua log tersebut 🙏
Indah mengatakan…
Sudah satu tahun lalu, bagaimana dengan ini?
Yuss mengatakan…
Selamat siang kak, saya ingin bertanya mengenai perbedaan antara Log dan Ln, terimakasih

Postingan Populer