Jumat, 03 April 2015

Tol Laut Indonesia

Oleh : Jul Fahmi Salim

Assalamualaikum Wr Wb..

Selamat Pagiiii semua, Mudah-mudahan kita selalu dalam keadaan sehat wal’afiat..Amiin...


Sumber : google Image


Tol Laut ? Sudahlah Kita Siap dalam Menjalankannya? Bagaimana ketersediaan sarana kita? Sduahkah kita memili banyak pelaut (Nahkoda Kapal) yang siap untuk mejalankan tol laut ini? Atau para pelaut hanya akan didominasi oleh pelaut asing? sebagai negara maritim memang sudah selayakya kita memberikan perhatia lebih terhadap sektor kelautan. Hal ini dikarenakan daerah di Indonesia sebagian besar dipisahkan oleh laut yang merupakan ciri khas dari negara kepulauan

Sumber : google Image

Tol laut adalah bukan merupakan jalan aspal yang dibangun di atas laut, melainkan menjadikan laut seperti jalan tol di darat. dimana sarana tol laut ini akan di isi oleh kapal-kapal kargo raksasa yang diklaim mapu menghemat biaya trsportasi daripada menggunakan kapal-kapal kecil pada saat sekarang ini.

Sumber : google Image


Mengapa begitu banyak pertanyaan saya mengenai tol laut? Karena sebuah tujuan tanpa persiapan malah akan menggilas kita dalam tujuan tersebut. Memang secara pandangan saya itu bisa saja terjadi, karena dengan mengangkut barang dalam skala besar akan menciptakan efisiensi dan stok barang di suatu daerah akan lebih terjaga. Namun dalam kenyataanya, sudahkah kita memiliki sumber daya manusia (SDM) dalam hal ini awak kapal, serta berbagai sarana dan prasaran yang dibutuhkan. Dari segi SDM  kita memiliki banyak sekali sekolah/perguruan tinggi Pelayaran yang setiap tahun meluluskan ratusan bahkan ribuan pelaut muda. Dengan Adanya Tol laut ini selain mencapai efisensi diharapkan juga mampu menampung lulusan pelayaran yang tidak sedikit, sehingga tinggkat pengagguran dari lulusan pelayaran dapat diturunkan secara drastis dan dapat mengurangi angka pengangguran di Indonesia yang secara umumnya.

Ini merupakan beberapa kapal kargo / kontainer terbesar di dunia dengan ukuran yang fantastis mencapai Ratusan Meter dan mampu mengangkut ribuan Kontainer.

Sumber : google Image

Sumber : google Image

Sumber : google Image


Dengan Adanya tol laut kita harapkan akan terjaganya angka inflasi, barang-barang mudah di dapat, roda perekonomian semakin lancar, harga barang antar daerah tidak terlalu senjang sehingga seluruh Indonesia Harga barang dapat stabil..

Sumber : www.bps.go.id



Semoga semuanya bisa tercapai kedepannya. Amiin


Referensi :

  • http://katadata.co.id/infografik/2014/12/04/tol-laut-jokowi-poros-maritim-dunia
  • http://bisniskeuangan.kompas.com/read/2014/06/07/1150184/Inilah.Penjelasan.Tol.Laut.yang.Akan.Dibangun.Jokowi
  • https://indonesiakuhebat.wordpress.com/2014/06/16/ini-maksud-jokowi-tentang-tol-laut/comment-page-1/
  • http://id.wikipedia.org/wiki/Daftar_sekolah_pelayaran_di_Indonesia

Tidak ada komentar:

Cara Mendapatkan EViews 11 Demo Version

 Oleh: Jul Fahmi Salim Assalmkum wrwb.. Selamat Pagi, Siang, Malam teman-teman sekalian, jika dipostingan sebelumnya sydah ada cara mendapat...