Uji Johansen Cointegration dengan EViews 7

Assalamualaikum wr. wb
baiklah, kali ini saya akan membagikan sedikit ilmu, yaitu melakukan uji kointegrasi johansen dengan eviews 7. uji kointegrasi merupakan salah satu uji yang digunakan dalam model regresi ECM, dan VECM selain dari uji stasioneritas yang sudah pernah saya bahas, berikut merupakan langkah-langkahnya :

  • buka EViews 7
  • input data
  • klik variabel yang akan digunakan dalam uji kointegrasi, seperti gambar dibawah ini


  • klik kanan => open as group, maka akan tampil seperti ini


  • klik quick => group statistic => pilih johansen cointegration test


  • klik ok 


  • kemudian pilih panjang lag, kali ini saya memilih 1 1 (satu - satu) kemudian klik ok


  • hasilnya akan seperti ini


dari hasil output di atas dapat dilihat bahwa, nilai trace statistic >  critical value, begitu juga dengan nilai max eige stat > critical value, ini berarti bahwa dalam jangka panjang terdapat kointegrasi di dalam model persamaan tersebut. 

Thanks to Nazlia Wibowo atas data penelitiannya...

(Bukan bermaksud menggurui, hanya berbagi ilmu saja)

demikian cara meguji kointegrasi johansen, semoga dapat membantu kawan-kawan, mohon maaf atas segala kekurangan.. :-) 



Komentar

complicated mengatakan…
terima kasih sekali postingannya mas. sangat membantu saya. :)
saya ingin bertanya hasil uji kointegrasi saya trace statistic < critical value. tapi di eigen statistic > critical value. itu maksudnya apa ya mas?
saya memakai lag 1 1
complicated mengatakan…
mas dalam menetukan lag seperti mas di atas kan 1 1
hasil uji lag saya di lag 4. apa saya masukin lag intervalnya 1 4?
Jul Fahmi Salim mengatakan…
Complicated : Terima Kasih sudah berkunjung mbak, Nah sesuai uji lag, sebaiknya pda uji kointegrasi gunakan lag interval 1 4 saja mbak, biasanya hasilnya akan lebih bagus...

semoga dapat membantu mbak..
Unknown mengatakan…
jika hasil dari hasil output saya menunjukkan bahwa, nilai trace statistic > critical value, akan tetapi nilai max eige stat < critical value,berarti atau maksudnya apa ya mas?

saya menggunakan lag 1 1 karena memang hasil uji lag saya banyak tanda * di no 1,,
atur nuhun :)
Unknown mengatakan…
maaf mas kalo boleh tanya jika nilai trace statistic < critical value dan max eige stat < critical value, tindakan selanjutnya gimana ya mas. terima kasih sebelumnya
Unknown mengatakan…
Ebook Data Panel EVIEWS 9
Merupakan Tutorial Data Panel Menggunakan EVIEWS 9 Terdiri Data Panel Dan Data Panel Dengan Koefisien Cross Section Yang Dilengkapi Uji Chow, Hausman, LM Dan Asumsi Klasik Regresi Meliputi Multikolinieritas, Heterokedasitisitas, Autokorelasi.
Link Download
goo.gl/xhb133
goo.gl/Y3NIjq
Unknown mengatakan…
Mas mau tanya,
Ini sya memasukkan data ada 60 tp stlh di uji pada tulisan included observ: 58 after adjusted.
Kira2 itu ada kesalahan data atau bagaimana?
Terima kasih
Unknown mengatakan…
Mas mau tanya,
Ini sya memasukkan data ada 60 tp stlh di uji pada tulisan included observ: 58 after adjusted.
Kira2 itu ada kesalahan data atau bagaimana?
Terima kasih
Unknown mengatakan…
mas, mau naya ni,, saat saya klik semua variabel yg akan diuji -> open as group -> quick, johansen -> ok,, kenapa yang muncul insufficient number of observation?? tolong dibantu ya mas
thanks
Luvagit mengatakan…
@antun sari: tidak ada kesalahan mbak, itu berkurang 2 (dari 60 menjadi 58) karena lag yang mbak pakai itu 2, jadi terdapat 2 selang (lag) pada datanya
RRR mengatakan…
Mas, kalau yg keluar near singular matrix, tanda apaan mas ?
R O mengatakan…
Mas , bagaimana ya membaca hasil uji johansen ini tapi dengan menggunakan data panel? Tampilannya berbeda seperti tampilan time series atau diatas?
Unknown mengatakan…
Kalau yg keluar near singular matrix gimana mas
Trianing Thias mengatakan…
Sammaaa... Ini gimana yaa

Postingan Populer