Tugas Ekonomi Pembangunan I :Tinjauan Ekonomi Kab. Aceh Tenggara dan Gayo Lues


       Produk Domestik Bruto regional Bruto merupakan salah satu indikator yang sangat penting untuk dapat menggambarkan kemajuan perkembangan suatu daerah.
     Keberhasilan pembangunan diperlukan peningkatan-peningkatan kualitas maupun kuantitas factor-factor produksi seperti tenaga kerja, pendidikan dan ketrampilan, teknologi dan sebagainya. Meningkatnya hasil pembangunan tanpa pola pembagian/pemerataan yang baik tidak kan mencapai tujuan yang diharapkan. Oleh karenanya untuk mengetahui tingkat dan pertumbuhan masyarakat perlu disajikan Statistik Pendapatan Regional secara berkala yang digunakan sebagai bahan perencanaan pembangunnan nasional atau regional khususnya dibidang ekonomi.
     Menghadapi kenyataan ini serta  khususnya di kota untuk memenuhi kebutuhan konsumen data khususnya di Kabupaten Aceh Tenggara, maka dilakukan perhitungan Produk Domestik Regional Bruto. Adapun jenis penyajiannya dirinci menurut lapangan usaha faktor yang terdiri dari Sembilan sector usaha. Perhitungannya dilakukan dengan dua cara yaitu berdasarkan harga berlaku (ADHB) dan perhitungan atas dasar harga konstan (ADHK). Produk Domestik Regional berdasarkan harga berlaku sangat dipengaruhi oleh factor kenaikan harga, sedangkan Produk Domestik Regional Bruto atas  harga konstan menghilangkan factor perubahan harga/inflasi. Dengan kata lain perkembangan atas dasar harga konstan merupakan cerminan kenaikan produk secara rill.

      Untuk datanya silahkan klik disini

Komentar

Postingan Populer