Thorstein Bunde Veblen (Aliran institusional)



Torsten Bunde Veblen dilahirkan (30 Juli 1857 - 3 Agustus 1929) adalah seorang ekonom Amerika dan sosiolog, dan pemimpin dari gerakan ekonomi disebut institusional. Selain pekerjaan teknis, ia adalah seorang kritikus populer dan cerdas kapitalisme, seperti yang ditunjukkan oleh buku terbaik yang dikenal, The Theory of Leisure Class (1899)
·         Kontribusi I
Konsumsi berlebihan menghabiskan mewah atas barang dan jasa yang diperoleh terutama untuk tujuan menampilkan pendapatan atau kekayaan. Hal ini juga dapat merujuk pada kecenderungan ke arah makan berlebihan (medis dikenal sebagai Hyperphagia). Dalam pikiran seorang konsumen mencolok, tampilan seperti berfungsi sebagai alat untuk mencapai atau mempertahankan status sosial. Konsumsi menyakitkan hati, istilah yang lebih khusus, mengacu pada konsumsi sengaja dimaksudkan untuk menyebabkan iri.
ü  1915 Thorstein Veblen Imperial Jerman dan Revolusi Industri adalah sebuah esai diperpanjang membandingkan Inggris dan Jerman, dan menyimpulkan bahwa perlambatan pertumbuhan di Inggris, dan kemajuan pesat di kedua, adalah karena "hukuman yang memimpin." Industri Inggris berhasil, dalam konteks perusahaan bersaing kecil, cara terbaik untuk menghasilkan efisien. Keterbelakangan Jerman memberikannya keuntungan dalam bahwa praktek terbaik bisa diadopsi di perusahaan-perusahaan skala besar.

Model keterbelakangan ini seringkali dibandingkan dengan model lepas landas Rostovian dikembangkan oleh WW Rostow, yang menyajikan model yang lebih linier dan strukturalis pertumbuhan ekonomi, perencanaan itu secara bertahap ditetapkan. Kedua model ini tidak saling eksklusif, bagaimanapun, dan banyak negara muncul untuk mengikuti kedua model yang agak memadai
ü   

Veblen terkenal dalam sejarah pemikiran ekonomi untuk menggabungkan perspektif evolusi Darwin dengan pendekatan baru institutionalist untuk analisis ekonomi. Ia menggabungkan sosiologi dengan ekonomi dalam karya-Nya, Teori Kelas Kenyamanan (1899), dengan alasan ada perbedaan mendasar antara produktivitas "industri," dijalankan oleh insinyur, yang memproduksi barang, dan parasitisme dari "bisnis," yang ada hanya untuk membuat keuntungan untuk kelas rekreasi. Kegiatan Kepala kelas luang adalah "konsumsi mencolok", dan kontribusi ekonomi mereka adalah "sampah," kegiatan yang memberikan kontribusi apapun ke produktivitas. Ekonomi Amerika karena itu dibuat tidak efisien dan korup oleh pengusaha, meskipun ia tidak pernah mengklaim bahwa eksplisit. Veblen percaya bahwa kemajuan teknologi adalah kekuatan pendorong di belakang perubahan budaya, namun, tidak seperti banyak sezaman, ia menolak untuk menghubungkan perubahan dengan kemajuan.

Meskipun Veblen bersimpati terhadap kepemilikan negara industri, ia memandang rendah pekerja dan gerakan buruh dan ada ketidaksepakatan tentang sejauh mana pandangan-pandangannya yang kompatibel dengan Marxisme 1. Sebagai seorang intelektual terkemuka dari Era Progresif, serangan menyapu pada produksi untuk keuntungan dan stres tentang peran boros konsumsi untuk status sangat dipengaruhi pemikir sosialis dan insinyur mencari kritik non-Marxis tentang kapitalisme. Rupa (1994) melaporkan bahwa ekonom pada waktu itu mengeluh bahwa ide-ide, sementara cemerlang disajikan, yang kasar, kotor, fuzzy, dan tidak tepat, yang lain mengeluh dia adalah seorang eksentrik aneh. Para sarjana terus berdebat persis apa yang dimaksud dalam berbelit-belit itu, esai ironis dan menyindir, ia memanfaatkan berat contoh masyarakat primitif, tetapi banyak contoh penemuan murni
Sumber : http://en.wikipedia.org/wiki/Thorstein_Veblen

Komentar

Postingan Populer