Jawaban dari Soal SDM BAB 6




5.      Apa yang terjadi pada jam kerja ketika tingkat upah turun? uraikan perubahan tersebut ke dalam efek pendapatan dan substitusi.
Jawab :
Ketika tingkat upah turun akan berdampak pada
Efek pndaptan : pnurunan tingkat upah akan mengakibatkan permintaan barang normal menurun. Akibatny permintaan atas waktu luang juga akan mnurun karena mereka akan berusaha untuk mendapatkan upah yg tetap seperti sebelum terjadi nya penurunan tingkat upah. Jadi penurunan upah menyiratkan pembelian lebih sedikit waktu luang dan bekerja lebih banyak
Efek subtitusi : tingkat upah yg rndah berarti bhw wktu luang itu lebih murah. Ini berarti bekerja lbh jarang atau kuantitas waktu luang yg diminta lebih tinggi, serta kuantitas tenaga kerja yang di tawarkan lebih rendah. Hal ini menyiratkan bhwa membeli lebih sedikit waktu luang dan bekerja lebih sering.

6.      Apa yang terjadi dengan probabilitas bahwa orang tertentu bekerja ketika upah naik?
Apakah seperti kenaikan upah menghasilkan efek pendapatan?
Jawab:
Probabilitas bahwa orang tertentu akan bekerja lebih byk ketika upah naik adalah mereka yg berasumsi bahwa kenaikan tingkat upah akan membuat waktu menjadi lebih mahal, waktu
yang lebih tinggi cenderung membuat orang mensubstitusikan waktu Ieisurenya dengan
lebih banyak bekerja . Namun kenaikan upah juga menghasilkan efek pendapatan, dimna Kenaikan upah akan mendorong orang untuk meningkatkan permintaan leisure dan mengurangi bekerja.

7.      Mengapa program-program kesejahteraan menciptakan disinsentif bekerja?
Jawab :
 Program-program kesejahteraan menciptakan disinsentif bekerja karena mereka memberikan pajak kepada peserta pajak yang memasuki pasar kerja dengan tujuan pajak tersebut akan di gunakan untuk meningkatkan kesejahteraan . Namun  Pengurangan hasil kerja akibat kenaikan pajak membuat pekerja malas bekerja dan mengkonsumsi waktu senggangnya (leisure) lebih banyak.

8.      Mengapa kredit pajak penghasilan yang diperoleh meningkatkan tingkat partisipasi angkatan kerja dari kelompok sasaran?
Jawab :
kredit pada pendapatan yang diperoleh menciptakan insentif kerja. Hal ini disebabkan karena Mereka akan bekerja lebih lama untuk mengkompensasikan pendapatannya yang kurang.

Komentar

Postingan Populer